Manfaat dan fakta Fitnes

Tidak bisa dipungkiri bahwa hal utama yang perlu Anda jaga dalam hidup adalah kesehatan. Coba Anda bayangkan ketika Anda sakit, Anda hanya terbaring di tempat tidur, tidak bisa makan enak, tidak bisa beraktivitas, waktu untuk keluarga tersita, dan sebagainya. Ironis sekali bukan?


Menjaga kesehatan merupakan hal utama yang harus Anda prioritaskan. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan adalah dengan rajin berlatih. Inilah aktivitas yang dapat membuat tubuh Anda tetap sehat dan tidak mudah sakit. Berlatih memungkinkan tubuh tetap aktif bergerak dan membantu menjaga organ-organ tubuh Anda bekerja sesuai dengan fungsinya.

Berikut ini 10 hal yang perlu Anda ketahui seputar fitnes dan manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan rajin berlatih:

    1. Meningkatkan Kemampuan Otak. Rajin berlatih dapat meningkatkan jumlah oksigen dan serotonin pada otak. Meningkatnya serotonin pada otak membantu menjernihkan pikiran, sedangkan meningkatnya jumlah oksigen menuju otak dapat mendorong reaksi fisik dan mental yang lebih baik.
    2. Meredakan Stres. Latihan teratur bisa meredakan stres yang bisa Anda alami kapan saja. Latihan memungkinkan otot-otot tubuh mengalami peregangan, membuat otak dan tubuh terasa lebih segar. Selain itu, saat berlatih tubuh akan memproduksi hormon endorfin yang dapat memberikan perasaan bahagia dan membantu mengurangi stres Anda.
    3. Meningkatkan Energi. Tingkat energi seseorang tergantung pada kemampuan jaringan otot untuk menghasilkan lebih banyak energi, yang pada gilirannya juga bergantung pada oksigen. Oksigen dibawa ke seluruh tubuh oleh darah. Ketika Anda berlatih, detak jantung Anda akan meningkat. Situasi ini akan meningkatkan aliran darah yang membawa oksigen dan nutrisi ke seluruh jaringan otot. Sirkulasi darah yang meningkat juga memberikan lebih banyak oksigen ke otak, yang pada akhirnya akan meningkatkan energi Anda.

Tingkatkan Energi Dan Stamina Anda Sepanjang Hari Di Sini!

  1. Mencari Waktu Untuk Latihan Tidaklah Sulit. Berlatih bukan berarti Anda harus menghabiskan waktu lebih dari sejam di gym sehingga jika Anda tidak punya waktu sebanyak itu maka Anda tidak berlatih. Anda tetap bisa meluangkan 20 menit sehari untuk berlatih, entah itu jalan kaki, bersepeda, lompat tali, dan lainnya.
  2. Meningkatkan Hubungan Kekerabatan. Pilihlah satu latihan yang bisa Anda lakukan bersama keluarga, teman atau orang-orang terdekat Anda, seperti jalan kaki, jogging, bersepeda, dan sebagainya. Latihan yang dilakukan secara bersama-sama dapat meningkatkan hubungan kekerabatan Anda. Lebih dari itu, semangat Anda akan lebih terpompa dengan hadirnya orang terdekat di sisi Anda.
  3. Membantu Mencegah Penyakit. Penelitian menunjukkan bahwa rutinitas latihan berperan besar mencegah beberapa penyakit seperti, jantung, stoke, osteoporosis, dan masih banyak lagi. Latihan juga dapat mencegah penuaan dini. Aktivitas tubuh yang tinggi, lancarnya peredaran darah, dan terlatihnya otot tubuh memungkinkan terjadinya peningkatan daya tahan tubuh dari serangan berbagai macam penyakit.
  4. Menguatkan Jantung. Tidak hanya berguna untuk mencegah penyakit, latihan teratur juga berguna untuk menguatkan sistem peredaran darah dan jantung Anda. Jantung akan semakin kuat memompa darah dan bekerja lebih efektif. Hal ini mencegah terjadinya plak pada pembuluh darah sekaligus mencegah tubuh Anda cepat lelah saat berlatih.
  5. Membantu Menambah Berat Badan. Rutinitas latihan tidak hanya baik dilakukan bagi orang yang mengalami kelebihan berat badan. Bagi Anda yang ingin menambah berat badan, latihan juga merupakan hal yang wajib Anda lakukan. Aktivitas latihan membutuhkan kalori dan protein lebih yang dibutuhkan tubuh sebagai sumber energi dan proses pertumbuhan otot. Inilah yang pada akhirnya membuat Anda makan lebih banyak sehingga bisa membuat berat badan Anda bertambah.
  6. Meningkatkan Penampilan. Setelah beberapa minggu Anda menjalankan rutinitas latihan, Anda akan melihat perkembangan pada otot Anda. Otot Anda akan lebih terlihat lebih kencang dan membuat tubuh lebih proporsional. Selain itu, tubuh Anda jauh lebih kuat dan rasa percaya diri Anda akan meningkat seiring perubahan ini.
  7. Turun Berat Badan Bukan Tujuan Utama. Menurunkan berat badan seringkali menjadi alasan utama bagi orang untuk berlatih. Tetapi itu bukanlah manfaat utama dari berlatih. Oleh karena itu, apapun tujuan awal Anda berlatih, jangan jadikan itu sebagai satu-satunya tujuan. Meskipun Anda memutuskan untuk berlatih karena ingin menurunkan berat badan, jadikan pula program fitnes sebagai bagian dari gaya hidup Anda untuk mendapatkan kualitas kesehatan yang lebih baik.

Latihan merupakan rutinitas yang baik dilakukan oleh siapapun juga sebagai investasi jangka panjang bagi kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan. Jadi, berlatihlah sekarang juga!

Sumber : DuniaFitnes

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s