Empowerment of women speech

 

 

And so I ask you to unlearn. I ask you to stand up and tell the world that you are a slave to nothing—not to fashion, not to beauty, not to men. You are a slave to God and God alone. I ask you to tell the world that you’re not here to please men with your body; You’re here to please God. So to those who mean well and wish to ‘liberate’ you, just smile and say: “Thanks, but no thanks.”

 

Tell them you’re not here to be on display. And your body is not for public consumption. Make sure the world knows that you will never be reduced to an object, or a pair of legs to sell shoes. You are a soul, a mind, a servant of God. And your worth is defined by the beauty of that soul, that heart, that moral character. So, you don’t worship their beauty standards; you don’t submit to their fashion sense. Your submission is to something higher.

Yasmin Mogahed, Empowerment of women speech 

Stereotipe

 

“Ih, masa sih seorang dokter masih bisa jatuh sakit, sampai dirawat di rumah sakit pula.”

“Masa sih ahli gizi berat badannya ga ideal? Malu dong.”

“Wow, masa iya sih guru kok anaknya sampai ga naik kelas?”

Pernah dengar selentingan semacam itu? Panas ga kupingnya kalo kekurangan yang kita miliki kemudian dihubung-hubungkan dengan segala sesuatu yang menjadi identitas kita?

Itu contoh kasus sederhana. Ada juga yang lebih pelik, seperti “Ih ga oke banget sih, masa jilbaban masih begitu juga kelakuannya.” Atau, “Ngakunya Muslim kok kayak begitu sifatnya.”

Sekarang coba dibalik statemennya.

“Nah itu, Kang Ujang yang jago debus, berdarah juga kan waktu digigit nyamuk. Melilit juga kan kalau seharian ga makan nasi, karena fitrah manusia itu makan makanan yang baik, bukan makan beling.”

Apa bedanya?

Mungkin sering ya diantara kita yang terlalu mudah menghakimi seseorang karena identitasnya. Seorang jilbaber seolah dianggap hina dina ketika melakukan sebuah kesalahan kecil. Sedangkan mbak-mbak yang mondar-mandir dengan pede menggunakan rok mini, seolah dianggap biasa. Terus, seperti fenomena yang selama ini terjadi. Amerika dan antek-anteknya yang jelas-jelas berbuat teror di seluruh penjuru negeri kaum Muslim, seakan-akan bersih dari label “Teroris”. Now, who’s the real terorist?

Gajah di pelupuk mata tak nampak, sedangkan kuman di seberang pulau nampak besar sekali. Mengutip juga sebuah kutipan menarik dari Tere Liye,

“Manusia adalah pengacara yang hebat untuk kesalahan diri sendiri, tetapi berubah menjadi hakim yang mahsyur untuk kesalahan orang lain.”

Manusia berbuat khilaf itu wajar, selama dia tidak meyakini bahwa kekhilafan itu sah-sah saja dikerjakan. Fitrah manusia, siapapun itu, adalah cenderung kepada kebenaran, bukan mengingkarinya. Setan saja yang selalu cerdik menyetir hawa nafsu manusia. Nah, itulah gunanya kita dianjurkan untuk belajar, mengkaji Islam, dan berteman dengan orang-orang shalih, agar ruang gerak setan untuk menjerumuskan kita semakin sempit.

Menjiplak gaya bicara Bang Napi,

“Kesalahan terjadi bukan karena Islam, karena Islam adalah dien yang terjamin dan sempurna. Kesalahan berasal dari individu masing-masing yang rentan mengalami futur dan alpa. Maka, waspadalah, waspadalah.”

Sekian. Wallaahu a’lam. 🙂

“Pada hari ini telah Kusempurnakan untukmu agamamu, dan telah Kucukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Kuridhai Islam itu menjadi agama bagimu.” (QS. Al-Maa’idah : 3)

semoga tulisan dari kak lathifa ini bisa menyadarkan kita akan pentingnya menjaga prasangka toh kita tidak boleh menghakimi  seseorang karena identitasnya seakan-akan kesalahan kecil yang dilakukan menghapus semua perbuatan baik yang dia lakukan ,

well like everyone said when i do a good thing no one remember but when i make a mistake no one forget  but wait please don’t use that idiot statemen in this life. it no longer useful, the real people don’t use it anymore ~

Sumber ; laninalathifa

15 Important Life Lessons

15 Important Life Lessons

1. Don’t take yourself too seriously. Learn to laugh at your mistakes.  

2. Life is too short it to waste it on resentments, bitterness or grudges you’re holding against others.     

3. You don’t have to win every argument and fight. Sometimes it’s OK to just agree to disagree.

4. Make peace with your past – then let it go, and move on.

5. Choose to go after what brings you happiness.

6. Don’t compare yourself to others.

7. It doesn’t really matter what others think about you – just live your own life and be true to who you are.

8. Life isn’t always fair – but sometimes good things happen, too!

9. Try to ignore your feelings – and keep taking the next step.

10. Ask for what you want.

11. Don’t suffer in silence – reach out for support.

12. Everything changes.  

13. Be willing to experiment and try something new.

14. The most important thing is to love and be loved.

15. Believe that the best is yet to come.

An 87 Year Old College Student

 

This made my day 🙂

An 87 Year Old College Student Named Rose

The first day of school our professor introduced himself and challenged us to get to know someone we didn’t already know. 
I stood up to look around when a gentle hand touched my shoulder. I turned round to find a wrinkled, little old lady beaming up at me 
with a smile that lit up her entire being. 

She said, “Hi handsome. My name is Rose. I’m eighty-seven years old. Can I give you a hug?”

I laughed and enthusiastically responded, “Of course you may!” and she gave me a giant squeeze. 

“Why are you in college at such a young, innocent age?” I asked.

She jokingly replied, “I’m here to meet a rich husband, get married, and have a couple of kids…”

“No seriously,” I asked. I was curious what may have motivated her to be taking on this challenge at her age.

“I always dreamed of having a college education and now I’m getting one!” she told me.

After class we walked to the student union building and shared a chocolate milkshake.We became instant friends. Every day for the 
next three months, we would leave class together and talk nonstop. I was always mesmerized listening to this “time machine” 
as she shared her wisdom and experience with me. 

Over the course of the year, Rose became a campus icon and she easily made friends wherever she went. She loved to dress up and 
she reveled in the attention bestowed upon her from the other students. She was living it up. 

At the end of the semester we invited Rose to speak at our football banquet. I’ll never forget what she taught us. She was 
introduced and stepped up to the podium.

As she began to deliver her prepared speech, she dropped her three by five cards on the floor. Frustrated and a little embarrassed she leaned into the microphone and simply said, “I’m sorry I’m so jittery. I gave up beer for Lent and this whiskey is killing me! I’ll never get my speech back in order so let me just tell 
you what I know.”

As we laughed she cleared her throat and began, “We do not stop playing because we are old; we grow old because we stop 
playing. There are only four secrets to staying young, being happy, and achieving success. You have to laugh and find humor every day. 

You’ve got to have a dream. When you lose your dreams, you die.
We have so many people walking around who are dead and don’t even know it!There is a huge difference between growing 
older and growing up.

If you are nineteen years old and lie in bed for one full year and don’t do one productive thing, you will turn twenty years old.

If I am eighty-seven years old and stay in bed for a year and never do anything I will turn eighty-eight. 

Anybody can grow older. That doesn’t take any talent or ability. The idea is to grow up by always finding opportunity in change. 
Have no regrets.

The elderly usually don’t have regrets for what we did, but rather for things we did not do. The only people who fear death are those 
with regrets.”

She concluded her speech by courageously singing “The Rose.”

She challenged each of us to study the lyrics and live them out in our daily lives.

At the year’s end Rose finished the college degree she had begun all those years ago. One week after graduation Rose died 
peacefully in her sleep.

Over two thousand college students attended her funeral in tribute to the wonderful woman who taught by example that it’s 
never too late to be all you can possibly be .When you finish reading this, please send this peaceful word of advice to your friends and family, they’ll really enjoy it!

These words have been passed along in loving memory of ROSE.

REMEMBER, GROWING OLDER IS MANDATORY. GROWING UP IS 
OPTIONAL.

We make a Living by what we get, We make a Life by what we give.

I just have something in my eye, like a twig. more like a branch 

My Mother

 

When I look at my mother. I see the pain she has suffered throughout her life, the loss of my brother who passed away at the age of 5. What she went through when my dad married another woman. The way she was treated by others who took advantage of her good nature and still till this day she welcomes them to our homes.

The time when she asked to borrow money off me and the look of shame in her eyes when she repeatedly promised that she will pay me back still to this day makes my heart burn.

I never met such an amazing woman like my mum. I am not just saying this because  she is my mum. I’m saying this because when I look at her, I see all them years of the way she was mistreated by others. I see the sadness in her eyes of never being able to see her son again. I see the worry of how she will provide for me and my siblings and I see that she just wants to be loved.

But this is not what makes her amazing. It is the fact that she has forgiven the people who see no wrong in what they do. She treats them with the respect that she rightfully deserves from them.

She has no hate in her, for if she did she would have hated the woman who stole her husband away from her. Instead she treats the woman like a sister and cares for her children like they were her own. Many of my friends tell me that if there mum’s were in my mum’s position they wouldn’t do the things my mum does for my stepmum. Tbh I’m not sure if I would be as kind like my mum if I was in her shoes. But not many women are strong enough to forgive the woman who stole their husband and their kids baby daddy’s. And she is like this thanks to the grace of Allah, who has blessed her with a kind heart.

I see it as my duty to now look after my mother, I want to live the life that she couldn’t the one that she dreams for me and my siblings. Apart from inheriting her goodlooks my mum has taught me that forgiveness and kindness is one of the best things you can teach someone. I hope one day I can be like her.

Such a strong woman Allah has blessed me with as my mother. I hope no mother goes through what my mother has, there probably people out there who have suffered worse than my mother and my heart goes out to them. It is true when they say heaven lies at your mother’s feet. I’m so thankful that Allah has given me such a wonderful woman as my mother.

Source

gadis yang suka membaca

DATE A GIRL WHO READS By Rosemarie Urquico

“kencani atau nikahi gadis yang suka membaca. Berkencan dengan seorang gadis yang menghabiskan uangnya untuk buku bukan pakaian. Dia memiliki masalah dengan ruang lemari

 

Cari seorang gadis yang suka membaca. Anda akan tahu bahwa dia akan selalu memiliki sebuah buku yang belum sempat dia baca dalam tasnya. dia orang yang penuh kasih melihat rak-rak di sebuah toko buku, orang yang diam-diam menangis ketika dia menemukan sebuah buku yang diinginkannya. memang terkadang Anda melihat cewek aneh mengendus halaman sebuah buku tua di sebuah toko buku seken? Itulah sebaik-baik pembaca. Mereka tidak pernah bisa menolak setiap halaman, terutama ketika mereka mendapatkan halaman atau buku yang kertasnya sudah berwarna kuning.

Dia gadis yang membaca sambil menunggu dalam warung kopi di jalan. Jika Anda mengambil mengintip mangkoknya, creamer non-susu yang mendingin dan mengembun  diatas itu karena dia terlalu asik dengan bukunya. Hilang, retbawa suasana dalam dunia pembuatan penulis. Duduklah. Dia mungkin memberikan silau, karena kebanyakan cewek yang membaca tidak ingin diganggu. Tanyakan padanya apakah dia menyukai buku itu.

Membelikannya secangkir kopi.

Biarkan dia tahu apa yang Anda benar-benar berpikir tentang Murakami. Lihat apakah dia berhasil melewati bab pertama Fellowship. Memahami bahwa jika dia mengatakan dia mengerti James Joyce Ulysses dia hanya mengatakan bahwa terdengar cerdas. Tanyakan padanya apakah dia mencintai Alice atau dia ingin menjadi Alice.

Sangat mudah untuk berkencan dengan seorang gadis yang suka membaca. Berikan buku-buku yang dia inginkan untuk ulang tahunnya, untuk hari-hari spesial atau peringatan lainnya. Beri dia hadiah dari kata-kata, dalam puisi, dalam lagu. Berikan Neruda nya, Pound, Sexton, Cummings. Biarkan dia tahu bahwa Anda mengerti  kata-kata cinta. Memahami bahwa dia tahu perbedaan antara buku dan realitas, tetapi oleh Tuhan, dia akan mencoba untuk membuat sedikit hidupnya seperti cerita” dalam buku favoritnya. ini bukanlah sebuah kesalahan laki-laki jika perempuan melakukannya terkadang memang mereka suka mengekspresikannya

mereka terkadang harus mencobanya entah bagaimana.

Berbohong padanya. Jika dia mengerti sintaks, dia akan memahami kebutuhan Anda untuk berbohong. Di balik kata-hal lain: motivasi, nilai, nuansa, dialog. Ini tidak akan menjadi akhir dunia.

Gagal nya. Karena seorang gadis yang membaca tahu bahwa kegagalan selalu mengarah ke klimaks. Karena gadis yang mengerti bahwa segala sesuatu akan datang untuk diakhiri. Bahwa Anda selalu dapat menulis sekuel. Bahwa Anda dapat mulai lagi dan lagi dan masih menjadi pahlawan. Bahwa hidup dimaksudkan untuk memiliki seorang penjahat atau pahlawan bahkan keduanya.

Mengapa harus takut dengan segala sesuatu yang memang itu bukan ketakutanmu? Gadis yang membaca terkadang mengerti sifat-sifat seseorang yah seperti karakter, mengembangkan. Kecuali di Twilightseries, breaking dawn, dll 

Jika Anda menemukan seorang gadis yang membaca, dekatilah dia. Bila Anda menemukan dia pukul 2 pagi menggenggam sebuah buku ke dadanya dan menangis, buatkan dia secangkir teh dan memeluknya. Anda bisa kehilangan dia selama beberapa jam tapi dia akan selalu datang kembali kepada Anda. Dia akan berbicara seolah-olah karakter dalam buku ini adalah nyata, karena untuk sementara waktu, mereka selalu ada.

Anda akan tersenyum begitu keras Anda akan bertanya-tanya mengapa hatimu belum meledak dan kehabisan darah di seluruh dada Anda belum. Anda akan menulis kisah hidup Anda, memiliki anak-anak dengan nama yang aneh dan bahkan selera asing. Dia akan memperkenalkan anak-anak Anda ke Cat dalam Hat dan Aslan, mungkin di hari yang sama. Anda akan berjalan musim dingin usia tua Anda bersama-sama dan dia akan membaca Keats bawah napas saat Anda mengguncang salju dari sepatu Anda.

Berkencan dengan seorang gadis yang membaca karena Anda layak mendapatkannya. Anda berhak mendapatkan gadis yang bisa memberikan kehidupan yang paling berwarna-warni layaknya imajinasi. Jika Anda hanya bisa memberikan kehidupan yang monoton, dan basi layaknya proposal yang setengah matang, maka Anda lebih baik sendirian. Jika Anda ingin dunia dan dunia luar itu, kencani atau nikahi gadis yang suka membaca itu.

Atau lebih baik lagi, kalau kau berkencan dengan seorang gadis yang suka menulis

– Rosemarie Urquico

 

ENGLISH TEXT

“Date a girl who reads. Date a girl who spends her money on books instead of clothes. She has problems with closet space because she has too many books. Date a girl who has a list of books she wants to read, who has had a library card since she was twelve.

Find a girl who reads. You’ll know that she does because she will always have an unread book in her bag.She’s the one lovingly looking over the shelves in the bookstore, the one who quietly cries out when she finds the book she wants. You see the weird chick sniffing the pages of an old book in a second hand book shop? That’s the reader. They can never resist smelling the pages, especially when they are yellow.

She’s the girl reading while waiting in that coffee shop down the street. If you take a peek at her mug, the non-dairy creamer is floating on top because she’s kind of engrossed already. Lost in a world of the author’s making. Sit down. She might give you a glare, as most girls who read do not like to be interrupted. Ask her if she likes the book.

Buy her another cup of coffee.

Let her know what you really think of Murakami. See if she got through the first chapter of Fellowship. Understand that if she says she understood James Joyce’s Ulysses she’s just saying that to sound intelligent. Ask her if she loves Alice or she would like to be Alice.

It’s easy to date a girl who reads. Give her books for her birthday, for Christmas and for anniversaries. Give her the gift of words, in poetry, in song. Give her Neruda, Pound, Sexton, Cummings. Let her know that you understand that words are love. Understand that she knows the difference between books and reality but by god, she’s going to try to make her life a little like her favorite book. It will never be your fault if she does.

She has to give it a shot somehow.

Lie to her. If she understands syntax, she will understand your need to lie. Behind words are other things: motivation, value, nuance, dialogue. It will not be the end of the world.

Fail her. Because a girl who reads knows that failure always leads up to the climax. Because girls who understand that all things will come to end. That you can always write a sequel. That you can begin again and again and still be the hero. That life is meant to have a villain or two.

Why be frightened of everything that you are not? Girls who read understand that people, like characters, develop. Except in the Twilightseries.

If you find a girl who reads, keep her close. When you find her up at 2 AM clutching a book to her chest and weeping, make her a cup of tea and hold her. You may lose her for a couple of hours but she will always come back to you. She’ll talk as if the characters in the book are real, because for a while, they always are.

You will propose on a hot air balloon. Or during a rock concert. Or very casually next time she’s sick. Over Skype.

You will smile so hard you will wonder why your heart hasn’t burst and bled out all over your chest yet. You will write the story of your lives, have kids with strange names and even stranger tastes. She will introduce your children to the Cat in the Hat and Aslan, maybe in the same day. You will walk the winters of your old age together and she will recite Keats under her breath while you shake the snow off your boots.

Date a girl who reads because you deserve it. You deserve a girl who can give you the most colorful life imaginable. If you can only give her monotony, and stale hours and half-baked proposals, then you’re better off alone. If you want the world and the worlds beyond it, date a girl who reads.

Or better yet, date a girl who writes.”

Cerita celana Jeans #2

CERITA CELANA JEANS#2

cerita ini sambungan dari CERITA CELANA JEANS #1 yang belum baca sebaiknya dibaca dulu biar nyambung ayok ayok yang mau baca kilik –> “DISINI”

http://t3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQIGyiYDg1N-nfEWzz0_-HqQFnhU5qZvuhutRG9fifEBcSeQyAX

Perkenalkan, saya Jini, baru saja ada seorang wanita setengah baya membawaku ke meja kasir. Si petugas kasir menyebutkan bilangan rupiah dengan nada yang renyah, dia menyebutkan hargaku! Aku dihargai dua ratus ribu rupiah sekian. Harga yang cukup mahal untuk ukuran celana sepertiku. Teman-temanku yang lain hanya dihargai setengah dari hargaku. Apa yang membuatku spesial?

Temanku bilang, aku lahir di luar negeri, untuk membawaku ke toko ini butuh biaya yang tinggi. Mereka bilang aku beruntung karena banyak manusia yang memilih produk luar negeri, katanya sih untuk menaikkan gengsi. Tidak cukup sampai di situ, pakaian mahal biasanya dimasukan ke binatu, mungkin aku juga akan dimandikan di tempat itu. Bagiku sama saja, nantinya akan merasakan panasnya setrika. Rasanya mungkin seperti neraka-nya manusia.Tiba juga aku di rumah wanita itu, ia meletakkanku di atas tempat tidur yang empuk. Cukup lama aku tergeletak di sana, hingga larut malam. Kemudian ada yang menyalakan lampu. Ah, akhirnya berakhir juga penantianku. Sebentar lagi aku akan dimandikan, dan tentu saja segera dikenakan.Loh? Kenapa ini? Kenapa aku malah mendengar suara tangisan anak perempuan? Aku mengintip dari balik plastik pembungkusku. Benar dugaanku, ada yang menangis.“Mamaaa, kenapa mama gak pernah mau ngertiin adek? Adek gak mau pake celana jeans lagi, Maaam… Aku harus bilang apa supaya Mama ngerti… Apa nama Allah tidak cukup untuk kujadikan alasan?”

Tapi, tangisan itu tidak akan terdengar ibunya, lirih sekali, bahkan nyaris berbisik. Aku merasa bersalah. Gara-gara kehadiranku di sini anak itu menjadi sedih. Lalu, bagaimana dengan nasibku?

***

“Mama hanya khawatir, tiap hari kamu naik turun kereta, kemudian bus, kemudian angkot, apa kamu tidak ribet? Melihatnya saja sudah ribet. Pakailah jeans ini, toh kamu juga jadi terlihat lebih trendi.”

Itu kata ibunya sewaktu aku sedang berendam bersama pakaian lain di sebuah ember. Ternyata ibunya pun memikirkan kebaikan anaknya.

“Sejauh ini aku masih bisa berlari mengejar bus dengan rokku.”

“Nak… kamu pernah cerita, waktu di kereta kamu tidak sempat turun karena rokmu terinjak, hingga kamu harus turun di stasiun berikutnya, kan?”

“Itu karena rok yang aku pakai terlalu panjang dan memang terlalu lebar, Ma…”

***

Aku sudah bersih dan wangi. Aku sudah siap dipakai. Tapi sudah berhari-hari aku hanya jadi penghias lemari. Perempuan itu lebih memilih memakai celana bahan yang longgar daripada aku. Aku sih baik-baik saja, justu aku kasihan dengan anak ini, nampaknya dia ingin sekali memakai rok setiap hari, seperti teman-temannya.

Kemudian di hari berikutnya anak ini lebih ceria, entah kenapa dia memboyongku keluar lemari. Ah, apa aku akan dipakai? Kali ini ibunya tidak bertanya apa-apa. Aku tahu, ibunya pasti kesal karena merasa sia-sia mengeluarkan uang untuk membeli aku.

“Mamaa, lihat aku, aku pakai jeans yang mama belikan…”

Ibunya menoleh. Jeansnya memang dipakai, tapi anak itu memakai rok lagi untuk luaran. Ibunya hanya menghela nafas.

“Ke sini, Nak,”

Anak itu beringsut menghampiri ibunya yang sedang menyantap berita di tv.

“Kamu boleh berikan celanamu ini ke temanmu jika kau tidak suka.”

“Aku suka, Maa.”

“Tapi tidak bisa sekaligus dua yang kamu pakai, kamu terlihat seperti badut! Pilihlah salah satu, dan tinggalkan yang satunya.”

“Maksud Mama… aku boleh meninggalkan celana jeans ini?”

Ibunya mengangguk.

“Dengan syarat, kamu harus konsisten…”

“Insya Allah, Maa!”

Wajah anak itu semakin ceria. Kini ia tak perlu menangis lagi karena aku. Anak itu melipatku lagi dengan rapi dan membungkusku bersama celana-celana lain yang sama-sama berbahan jeans.

“Ini akan kujual di pasar loak, lumayan uangnya untuk beli buku,”

Sedih sekali nasibku, hargaku yang selangit pada akhirnya harus berakhir di sini, di pasar loak. Bersama teman-temanku yang lain, yang harganya jauh dibawahku. Tapi aku senang, setidaknya pemilikku yang lama bisa bahagia dengan pilihannya. Semoga ia istiqomah.

Ana Rufisa

Cerita Celana Jeans

CERITA CELANA JEANS #1 

Aku tak mengerti kenapa bentukku ketat seperti ini. Aku khawatir akan menyakiti para pemilik kaki, terutama perempuan. Kaki-kaki mereka terlalu indah untuk disakiti. Yang aku herankan, kenapa mereka masih begitu setia? Aku senang jika aku dibeli, dicuci dan rendam dalam pewangi, lalu dipakai untuk acara rekreasi. Tapi lihat, mereka memakaiku juga pada saat-saat resmi. Begitu agung-kah aku?

Kini aku bersyukur, tinggal dalam lemari yang sejuk dan wangi. Aku dan teman-teman sejenisku tak pernah lagi disentuh. Pemilikku sudah tak memakaiku lagi semenjak tiga tahun yang lalu. Tapi, bukan berarti ia mencampakkanku, justru aku senang dipensiunkan.

Suatu malam aku dikagetkan oleh seorang wanita yang membuka lemari (tempat aku dan teman-teman menikmati masa-masa pensiun), mataku tersipit-sipit akibat cahaya lampu yang seketika menusuk mataku. Kemudian wanita itu berkata kepada anaknya, “Kenapa celana-celana ini ditumpuk seperti ini? Tidak muat lagi, Nak?”

Anaknya hanya diam. Dia masih belum berani memberi alasan apapun kepada ibunya.

“Besok ikut Ibu ke toko pakaian. Kita beli celana jeans yang baru, yang pas untukmu.”

Anak itu lagi-lagi hanya diam, melirik kami sebentar, kemudian menutup pintu lemari yang lupa ditutup oleh ibunya.

image

Esoknya si anak diajak ke toko pakaian, di sana terpajang berbagai macam jeans dengan model terbaru, dan semuanya sengaja didesain pas-pasan: pas di pinggul, pas di paha, dan pas di betis. Tapi tidak ada yang pas di hati anak perempuan itu.

Kemudian dia menarik lengan ibunya ke spot yang memajang aneka blus dan rok. Dia memilih-milih dengan seksama, kemudian mengambil satu.

“Ini berbahan jeans juga, Bu. Boleh aku ambil yang ini?”

Ibunya tersenyum. Nampaknya ibunya sudah mulai mengerti. Setelah membayarnya di kasir, tiba-tiba ibunya berkata,

“Apa tidak mau beli rok di tempat lain? Tadi Ibu melihat rok yang bagus di toko sebelah. Motifnya bunga-bunga. Bagaimana kalau kita ke sana?”

Si anak sumringah menggandeng lengan ibunya.

***

Paginya ketika sedang membantu ibunya memasak, anak itu berkata,

“Maaf ya, Bu…”

“Maaf untuk apa?”

“Sejak tiga tahun lalu aku mulai tidak memakai celana jeans yang ketat…”

“Lalu, menurutmu Ibu akan marah? Tidak akan, Nak.”

“Hmmm, apa lebih baik aku sumbangkan celana-celana itu, Bu?”

“Tidak perlu. Simpan saja. Jika kamu memberikan celana-celana itu, sama saja kamu menyuruh mereka untuk memakainya… Akan banyak lagi paha-paha dan betis-betis yang tersakiti karenanya.”

…..

Tulisan ini kupersembahkan untuk para perempuan yang sedang berusaha memantaskan dirinya (termasuk si penulis juga) 😀

eh eh eh … tunggu dulu tentu saja bukan gueeh penulisnya bukaaann -_-
jangan salah sangka this is created by anamrufisa you must check her blog awesome one 🙂

“READ  CERITA CELANA JEANS PART 2 HERE!!”

Memendam Perasaan

“HILAL ASYRAF:

Isu memendam perasaan.

Pada saya, bila kita sudah suka kepada seseorang, pertamanya yang kita perlu lakukan adalah menyelidik siapakah yang kita suka itu. Bagaimana dia. Apakah menyenangkan jiwa kita? Apakah kita senang dengan keadaan keluarganya? Saya sendiri tidak menetapkan apa-apa level dalam hal ini. Pokoknya, kita senang dengan dia, dan kita senang dengan keluarganya.

Keduanya, bila rasa senang dengan itu semua, pergilah kepada Ibu Bapa kita, dan nyatakan hajat kita itu. Berbincanglah dengan Ibu Bapa akan baik buruk tindakan kita, akan keadaan diri dan kemampuan kita. Pandangan Ibu Bapa sangat penting bagi mengimbangi otak dan jiwa kita yang disapa ‘cinta’. Kadangkala, orang yang disapa cinta ini, ‘mereng’ sikit pertimbangannya. Kadangkala.

Ketiganya, selepas rasa yakin, pergilah usahakan merisiknya dengan jalan yang baik untuk mengetahui sudah berpunya atau belum. Sekiranya belum, lamarlah dengan jalan yang baik. Jika ditolak, boleh tanya kenapa. Kalau kekurangan yang boleh diperbaiki, boleh diusahakan, maka berusahalah memperbaikinya. Kalau kerana benda yang tidak boleh diubah seperti kerana kita terlalu tinggi, kulit terlalu cerah dan sebagainya, tinggalkan sahaja orang sebegitu., dan carilah yang lain.

Keempatnya, sekiranya diterima, maka berusahalah mencapai ‘mampu’ untuk berkahwin. Pertunangan tidak perlu terlalu lama. Namun ini terpulang kepada situasi dan keadaan masing-masing. Apa-apa pun, saya tegaskan di sini, dalam sesi pertunangan itu, selain mengambil peluang berta’aruf, fokuskanlah kepada ‘usaha untuk mencapai mampu’ dengan peningkatan peribadi, peningkatan ilmu, peningkatan kekuatan untuk mencari sara hidup, dan sebagainya.

Ta’aruf itu biasa-biasa sahaja. Rilek-rilek sahaja. Lepas kahwin boleh sambung panjang. Tetapi ‘kemampuan’, itu bukan benda yang mudah. Kena mula awal, kena serius usaha capai. Ini yang ramai remaja malas nak kisah. Kisahnya perasaan sahaja, syok berhubungan dengan pasangan sahaja. Pada-pada la. Fikir mana yang lebih utama!

Pada saya, begitulah.
Ringkasnya, saya akan cakap: “Kalau suka, beritahulah. Buat apa pendam.”
Tetapi orang melayu ni banyak songeh. Bila cakap begitu, budak-budak sekolah rendah pun rasa dia patut bagitahu dekat kawan darjah limia yang dia suka. Orang-orang tua pun sampai cakap pada saya: “Habis, yang budak tingkatan tiga pun kena luah la?” Adoi…

So kenalah saya karang status panjang ini.

Konklusinya, bila dah suka, beritahulah. Buat apa pendam. Tetapi fikir-fikir jugalah keadaan diri. Perkara ini, jalankanlah dalam keadaan berjaga-jagalah dan berhati-hati.

Masa dan perancangan, adalah antara yang memainkan peranan penting di dalam hal ini.

Selain niat dan matlamat yang jelas, dalam mencintai seseorang.
———————————————————
Geng-geng yang sokong pendam,
dipersilakan menanti ‘orang yang tertulis di lauh mahfudz’ untuk anda.
Saya tidak kisah pun.

Ini hanya khas untuk yang rasa tak logik laci boleh terbuka sendiri tanpa usaha, dan tahu bahawa Allah dan Rasulullah SAW sendiri mengisyaratkan ‘usaha dan ikhtiar’ dalam pemilihan pasangan.

Sekian.
^^

Sumber: http://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=2959744318076&id=1395571657

tahukah kita hari esok?

“Orang yang beruntung adalah orang yang bisa menjadikan keghaiban hari esok sebagai hidangan bagi hatinya”

KETIKA Nabi Musa as diperintahkan Allah swt untuk membawa bani Israil ke tepi laut apakah ia sudah mengetahui bahwa Allah swt akan membukakan laut bagi mereka ? Tidak sama sekali. Ia hanya meyakini bahwa di tempat itu Allahswt akan menurunkan pertolongannya, tanpa diketahui apa bentuknya.

Musa a.s. dan umatnya, dalam tekanan kebingungan yang hebat, terjebak diantara laut dan kepulan debu gurun yang dihamburkan ke angkasa oleh ribuan kereta perang Fir’aun Merneptah. Cacian-cacian kepada sang Nabi mulai berhamburan dari lisan-lisan umatnya sendiri, karena Musa, nabi mereka, malah mengarahkan mereka terkepung dan terdesak ke laut Merah.

Sementara pada saat itu, seorang pemuda yang tulus, panglima dan murid Musa a.s., berseru ke imamnya dari atas kuda yang terus diarahkannya ke laut, sesuai perintah imamnya. “Ya Nabiyullah, masih terus?” Pertanyaannya menunjukkan kesiapannya.

Air laut sudah seleher kudanya, dan dia, Yusha’ bin Nun, masih terus berusaha memacu kudanya yang sangat ketakutan itu untuk tetap maju menuju ke laut. Ia tidak mempertanyakan, apalagi membantah, perintah Allah untuk menembus laut Merah. Meski ia tahu bahwa Musa, imamnya dan Nabinya, juga belum mengetahui apa yang akan terjadi kepada mereka setelah itu.

Apakah seorang pangeran muda yang bernama Musa, bertahun-tahun sebelum peristiwa di atas, mengetahui bahwa pukulannya—yang hanya sekali—kepada seorang koptik akan membunuhnya? Satu kejadian “sial” yang membuat Musa menjadi tercela dan kehilangan singgasanannya. Ia ketakutan dan melarikan diri ke Madyan, tempatnya Nabi Syu’aib as. Suatu peristiwa yang merevolusi hidupnya, dari seorang pangeran Mesir menjadi cuma seorangpengemis lain di dunia ini. Namun tanpa peristiwa “sial” itu, ia tidak akan bertemu Syu’aib a.s. yang menjadi gurunya.

Kita semua adalah orang-orang yang tidak mengetahui apa yang akan terjadi, bahkan untuk semenit ke depan. Tidak kita, tidak para orang suci, tidak juga para Rasul yang lain. Kita dilarang bahkan untuk sekedar ingin mengetahui zaman di depan. Keinginan seperti itu hanya akan menjadikan kita masuk ke dalam golongan mayoritas, golongan orang-orang yang tidak bersyukur *.

Masa depan adalah kotak Pandora, dan keghaiban hari esok adalah bagian dari palu Allah yang dipergunakan-Nya untuk menempa dan membentuk jiwa kita. Kita semua adalah hamba-Nya, sebagaimana Rasulullah saw bangga ketika mengatakan “Sesungguhnya aku adalah hamba-Nya, dan rasul-Nya”.

Mari kita sambut dengan suka cita dan kita nikmati palu keghaiban-Nya, karena kita tidak tahu palu yang mana yang akan digunakan-Nya membentuk jiwa kita esok hari. Tenanglah, karena kita berada dalam genggaman Sang Maha Sutradara yang Sangat Terpercaya. Tidak ada yang perlu kita khawatirkan, semua sudah diukur-Nya dengan rapi. Kita hanya melompat dari keadaan “nyaris” yang satu ke “nyaris” yang lain. Semakin tebal tabungan “nyaris” kita, semakin terbukalah Wajah-Nya yang Maha Indah. Hati kita mungkin dibuat-Nya remuk, tapi bukankah Allah swt mengatakan, “Carilah Aku di antara para hamba-Ku yang remuk hatinya”.

Kedigjayaan diri adalah musuh hati, dan keperihan adalah obat. Keutamaan dan kemuliaan seseorang tidak diukur dari penglihatan-penglihatan tentang alam yang tak terlihat, atau bisikan-bisikan skenario masa depan. Orang yang beruntung adalah orang yang bisa menjadikan keghaiban hari esok sebagai hidangan bagi hatinya.

Sahabatku, saudara-saudaraku seperjalanan, kita semua sama, dibuat kalang kabut dengan “pengaturan-pengaturan” suci dari-Nya, dan hati-hati kita ada diantara permainan dua Jemari-Nya.

Jangan ada lagi ketragisan di hati. Kita semua ada dalam genggaman-Nya.***

“Sesungguhnya Allah benar-benar mempunyai karunia yang dilimpahkan atas manusia, akan tetapi kebanyakan manusia tidak bersyukur.”Q. S. Al-Mu’miin [40] : 61

[-] Kedigjayaan – Kekebalan

Oleh Zamzam A. J. Tanuwijaya, Yayasan Paramartha (diedit dan diperbaiki seperlunya Herry Mardian